Larangan Mandi Setelah Makan

Bolehkan Langsung Mandi Setelah Makan ?

Pernahkah Anda pernah mendengar larangan mandi setelang makan? Konon katanya itu akan berbahaya bagi tubuh karena menghambat kinerja saluran pencernaan.  Benarkah hal tersebut dari segi medis ?

Mandi merupakan aktifitas rutin sehari-hari yang berhubungan dengan kondisi fisik luar tubuh. Sedangkan makan merupakan aktivitas yang berhubungan dengan fungsi organ-oragan dalam tubuh. Oleh karena itu dua aktivitas ini tidak saling berhubungan.

Makanan yang dimakan akan masuk ke saluran cerna. Sedangkan mandi hanya membersihkan kulit tubuh dari kotoran dan membuat badan lebih segar. Jadi, mitos mandi setelah makan berbahaya tidak perlu lagi Anda percayai dan khawatirkan dampaknya. Mandi setelah makan tidak membahayakan tubuh dalam cara apapun.

Lalu bagaimana dengan berenang? Bolehkah langsung berenang setelah makan? Pada dasarnya boleh saja berenang setelah makan. Namun yang harus diketahui melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga setalah makan, seperti berenang atau lari dapat membuat perut kram. Tentu itu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan Anda tenggelam.

Kram perut yang terjadi tersebut disebabkan setelah makan aliran darah akan terfkus pada organ-organ pencernaan. Sedangkan ketika berenang atau melakukan aktifitas fisik lainnya, otot-otot juga butuh peningkatan aliran darah. Gesekan dua kepentingan tersebut bisa menyebabkan kram.

Selain melakukan aktifitas fisik yang menguras tenaga, ada beberapa hal yang dilarang setelah makan. Misalkan saja langsung tidur setelag makan. Itu dapat menyebabkan makanan yang harus masuk ke lambung akan naik ke kerongkongan. Terutama bagi yang memiliki asam lambung yang sering naik. Jika asam lambung naik, dada dan perut akan terasa terbakar dan tidurpun tidak nyaman.

Selain tidur, setelah makan juga tidak dianjurkan langsung meroko. Mungkin bagi perokok aktif, akan terasa nikmat jika setelah makan langsung merokok. Tapi sebenarnya ini sangat tidak sehat. Jika ini menjadi kebiasaan akan menimbulkan efek buruk yang berlipat ganda. Apalagi jika Anda gastritis, kolitis dan irritable bowel syndrome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *