Festival Layang-Layang

Festival Layang-Layang Ubah Wajah Langit Surabaya

Festival Layang-layang Internasional Surabaya kembali digelar. Acara yang berlangsung pada 19-20 Agustus lalu itu berlangsung meriah. Ratusan layang-layang memenuhi langit Surabaya. Diharapkan, acara yang diselenggarakan tahunan itu dapat mengangkat nama surabaya dan menarik wisatawan.

Bertempat di Side Area Long Beach Timur Pakuwon City Festival Layang-Layang dibuka oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Acara dibuka dengan tari massal layang-layang yang ditarik oleh puluhan anak dari sangar ADP. Layang-layang menari lincah di cakrawala diiringi lagu Rek Ayo Rek.

Festival Layang-Layang Internasional diikuti oleh 49 klub dari 26 kabupaten kota. Di antaranya dari Jakarta ada lima klub, dari Yogyakarta ada tiga klub, lalu dari Jawa Barat yakni dari Bandung dan Depok ada tiga klub. Lalu dari Jawa Tengah ada 11 klub yang berasal dari Solo. Cilacap, Kebumen. Serta dari Jawa Timur ada 13 klub yang berasal dari Ponorogo, Tuban, Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya. Ada juga dari Bali dan Makassar. Total jumlah participant ada 120 orang

Selain peserta domestik, Festival Layang-Layang kali ini juga diikuti peserta dari luar negeri. Misalkan saja Malaysia, Tiongkok, Hongkong, Singapura dan Thailand. Dalam sambutannya Risma berharap festival ini dapat mengangkat nama Surabaya dan menarik minat wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Widodo Suryantoro berharap Festival Layang-Layang Surabaya ini dapat memberi hiburan, melestarikan budaya bangsa dan meningkatkan apresiasi masyarakat kepada layang-layang. ”Selain itu juga memeriahkan hari kemerdekaan RI ke 72,” ucapnya.

Festival Layang-Layang Internasional Surabaya tersebut mampu mengubah mampu merubah langit Surabaya dengan aneka corak dan warna. Layang-layang terdiri dari dua dan tiga dimensi. Ukurannya pun beragam mulai yang kecil hingga raksasa.

Selain diisi dengan perlombaan layang-layang, masih banyak rangkaian kegiatan Festival Layang-Layang Surabaya. Misalkan saja olahraga dirgantara, demo olahraga layang-layang, Rokkaku Chalangge dan workshop keterampilan dan pelatihan layang-layang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *