Surabaya Half Marathon 2017

Surabaya Half Marathon 2017, Olahraga Sambil Menikmati Pesta Diskon

Pada 13 Agustus nanti, Kota Surabaya akan menyelenggarakan event olahraga lari marathon berskala internasional. Ribuan pelari dari dalam negeri maupun mancanegara bakal tampil di ajang event Surabaya Half Marathon 2017. Selain olahraga, event ini juga sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan potensi wisata belanja Surabaya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya Afghany Wardhana mengatakan, Pemkot Surabaya melalui Dispora dan dinas terkait sangat mendukung dan siap menyukseskan acara ini. Apalagi, acara ini memberikan dampak positif bagi Surabaya. Menurutnya event lari ini akan mendongkrak perekonomian khususnya sektor wisata.

”Sebelumnya pada Ramadhan lalu, Dispora telah menggelar event lari Dolly Night Fun Run. Acaranya sukses dan luar biasa mendapat antuasias masyarakat. Saya harap Surabaya Half Marathon 2017 lebih sukses lagi,” ujarnya di acara press conference Surabaya Half Marathon 2017 22 Juli lalu.

Untuk lebih menyemarakkan event yang digelar Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya itu bakal ada pesta diskon besar-besaran. Mal-mal yang menjadi anggota APPBI akan menggelar pesta diskon selama periode 13-20 Agustus.

Ketua DPD APPBI Jawa Timur, Sutandi Purnomosidi menyampaikan melalui Surabaya Half Marathon ini, pelari dari luar negeri tidak hanya akan tahu keindahan taman-taman di Surabaya. Mereka juga bisa tahu bahwa Surabaya bisa dijadikan destinasi wisata belanja.

Ketua Panitia Surabaya Half Marathon 2017 Fransisca Maria menambahkan, event ini terbagi dalam tiga kategori. Yakni kategori half marathon (21 kilometer), 10 K dan 5 K. Panitia memberikan batasan usia dikarenakan pertimbangan kesehatan pelari. Miisalkan untuk kategori 21 K, pelari yang tampil minimal berusia 18 tahun. Sementara untuk 10 K dan 5 K, minimal 12 tahun.  “Total hadiahnya sebesar Rp 168 juta. Nantinya semua pelari yang masuk garis finish akan mendapatkan medali,” ujarnya.

Rutenya akan start dan finish di depan Grand City Mall dengan melintasi jalan-jalan protokol di Surabaya. Untuk kategori 21 K, rute yang dilalui yakni dari Grand City, Monkasel, Tugu Bambu Runcing, Taman Bungkul, Kebun Binatang Surabaya, Jl Adityawarman hingga depan gedung TVRI dan berputar balik ke Jalan Indra Giri, Raya Darmo, Tunjungan, Embong Malang, Tugu Pahlawan, Siola, Grahadi, Balai Kota Surabaya dan kembali ke Grand City.

Sementara untuk rute 10 K, dari Patung Kerapan Sapi akan berputar menuju Tunjungan lalu ke Jalan Embong Malang hingga Grand City lagi. Adapun yang kategori 5 K, dari Tunjungan akan langsung belok kiri kembali ke arah Grand City.

Panitia menargetkan ada 3000 pelari yang akan menjadi peserta Surabaya Half Marathon 2017. Hingga kini sudah aada dua ribu pelari yang mendaftar. Selain dari Indonesia, ada 21 pelari berasal dari luar negeri. Diantaranya pelari dari Jepang, Swedia, Irak, Korsel, Tiongkok, Kenya dan Ethiopia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *