kampung warna surabaya

WISATA WARNA SURABAYA

Sebagai Ibukota Jawa Timur, Surabaya tak henti-hentinya bersolek. Destinasi-destinasi wisata baru dimunculkan. Baik wisata alam maupun kulinernya yang kekinian. Surabaya pun menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan sejuta pesona.

Salah satu yang baru adalah perombakan wajah perkampungan di Surabaya menjadi lebih indah dan bernilai seni. Misalkan saja kampung warna yang terletak di dekat Jembatan Surabaya, Kenjeran serta kawasan lokalisasi eks Dolly, Putat Jaya yang kini dipenuhi oleh mural. Kedua tempat ini pun menjadi tempat wisata untuk berburu foto yang menarik dan instagramable.

Kampung Warna-Warni Bulak (Kenjeran)

kampung warna surabayaJembatan Suroboyo tak hanya layak dikunjungi pada malam hari dengan atraksi air mancur warna warni, tapi juga siang hari. Sebab pada salah satu sisi jembatan, pengunjung bisa melihat keindahan warna yang ditampilkan oleh perkampungan nelayan di sisir pantai Kenjeran. Kawasan yang dulunya kumuh kini tampil cantik bak pelangi. Dari dinding hingga genting rumah warga ber bak pelangi. Dinding sampai gentingnya dicat.

Kampung warna bukanlah yang pertama di Indonesia. Sebelumnya kampung sejenis ini telah ada di Jogjakarta, Malang, dan Banyuwangi. Tampaknya kampung warna menjadi solusi favorit pemerintah daerah untuk mengangkat suatu perkampungan kumuh menjadi lebih indah.

Di Surabaya sendiri, kampung warna terletak Cumpat, Bulak atau satu kawasan dengan Jembatan Surabaya. Kampung yang terletak di daerah pesisir pantai Nambangan ini, awalnya tak pernah dilirik oleh masyarakat Surabaya. Sebab kondisinya terlihat kumuh dan baunya amis khas pantai yang warganya berprofesi sebagai nelayan.

Setelah dilakukan program pengecatan, kini kampung ini menjadi lebih indah dengan menampilkan keindahan warna-warni cerah. Seperti kuning oranye, merah biru dan lain-lain. Keindahannya tak kalah dengan kampung warna di Jodipa, Malang.

Sontak saja kampung ini menarik wisatawan baik domestik hingga luar negeri. Silih berganti warga Surabaya mengunjungi kampung tersebut. Ada yang datang untuk berselfi ria atau untuk berburu foto landscape.

Kampung ini pun pernah kedatangan turis dari mancanegara. Misalkan saja peserta konferensi Prepcom for Habitat III yang tertarik berkunjung karena mendapat rekomendasi dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Mudo (Mural Dolly)

mural dollyPenampilan kampung-kampung di Putat Jaya telah kini telah berubah total. Efek negatif yang dulu melekat perlahan hilang. Kini kawasan Putat Jaya lebih dikenal dengan kawasan wisata Mudo alias mural dolly.

Dulu kawasan ini terkenal sebagai pusat lokalisasi terbesar se Asia Tenggara yaitu Dolly. Paska penutupan lokalisasi Dolly, Putat Jaya terus berbenah. Pemerintah kota Surabaya ingin menjadikan kawasan itu sebagai kampung kreatif dan go UKM. Dengan demikian image Dolly negatif dapat digeser sedikit demi sedikit.

Atas dasar keinginan tersebut kampung-kampung di Putat Jaya pun berubah. Putat Jaya semakin bewarna dengan keberadaan mural yang menghiasi tembok rumah warga. Mural-mural ini merupakan hasil kreatifitas Surabaya Creative Network (SCN) dan Gerakan Melukis Harapan (GMH).

Tema mural yang dihadirkan setiap gang pun bermacam-macam, mulai dari sayap, lorong waktu, dan karakter animasi khas kota pahlawan, aneka binatang, bahkan hantu. Putat Jaya pun tampil lebih bersih dan sedap dipandang mata

mural dollyKeberadaan mural ini pun menarik perhatian masyarakat Surabaya yang suka selfi. Setiap hari selalu saja masyarakat yang menyempatkan berfoto di sini. Mereka merasa puas karena mendapatkan banyak spot selfi yang instagramable. Bagi pemburu fotografi, kampung ini juga dapat dijadikan tempat hunting foto bertema street atau humanist photography.

1 comment

  1. Travel Malang Juanda Murah – Nahwa Travelindo adalah salah satu penyedia jasa travel malang juanda – travel juanda malang murah dengan sistem 24 jam atau paling akhir jam 12 malam untuk travel juanda malang. Buat yang sedang mencari informasi travel malang juanda Nahwa Travelindo adalah solusi travel dari malang ke bandara juanda. Selain travel jurusan malang ke airport juanda juga menyediakan travel batu malang ke bandara juanda atau travel kepanjen juanda dengan harga yang sangat murah.

    Office: Jl. Letjen Soetoyo 3/20B
    Phone:

    Telkomsel: 0853-691-99944
    Indosat: 0856-555-00862
    Whatsapp: 0853-691-99944
    BBM: 56B4605E

    Website : http://travelmalangjuanda.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *